Beberapa Tips Memilih Colocation Pusat Data Untuk Perusahaan

Pusat data colocation atau colocation server adalah tempat khusus yang disediakan oleh layanan pusat data untuk penyimpanan data. Setiap perusahaan atau agen pasti membutuhkannya. Lalu bagaimana cara memilih colocation pusat data untuk perusahaan?

Dalam memilih penyedia layanan colocation pusat data, Anda harus berhati-hati dan harus dilakukan dengan hati-hati karena pusat colocation adalah tempat untuk menyimpan data penting yang merupakan aset digital perusahaan. Pilih penyedia colocation pusat data yang menjamin keamanan dan memiliki skalabilitas tinggi dan kemampuan aksesibilitas untuk kelancaran operasi TI perusahaan.

Lokasi aman
Salah satu tips untuk memilih lokasi pusat data adalah lokasi. Temukan lokasi yang aman untuk colokasi pusat data. Anda tentu mengerti bahwa semua perangkat IT adalah perangkat elektronik yang membutuhkan listrik sehingga sangat rentan terhadap suhu tinggi. Jadi lokasi yang ideal untuk pusat data adalah daerah yang sejuk, dan hindari daerah perkotaan yang padat, seperti kota-kota besar. Dan pusat data harus dilengkapi dengan sistem pendingin dan pengatur kelembaban udara.

Juga pertimbangkan bahwa lokasi pusat data harus aman dari bahaya dan bencana alam, seperti kerusuhan, banjir, letusan gunung berapi, atau gempa bumi. Itu tidak layak jika pusat data terletak di daerah rawan banjir meskipun pusat data terletak di gedung bertingkat, tetapi dalam hal apa pun, infrastruktur tetap berada di lantai dasar di mana terdapat generator, panel listrik, tangki air pendingin dan lainnya.

Tingkat Keamanan Pusat Data
Tips memilih colocation pusat data berikutnya adalah tentang tingkat keamanan. Saat menempatkan peralatan TI milik perusahaan, Anda perlu mempertimbangkan tingkat keamanan di lokasi itu. Begitu pula dengan pusat data. Anda harus memilih lokasi yang benar-benar aman untuk orang yang tidak tertarik. Tidak semua orang bisa memasuki pusat data kecuali teknisi yang perlu melakukan perbaikan atau tim TI dan tim keamanan yang perlu melakukan pemeriksaan pusat data.

Karena membutuhkan pengawasan menyeluruh maka pusat data juga harus dilengkapi dengan sistem keamanan. Tim keamanan juga harus melakukan kontrol setiap saat untuk mencegah peretasan data penting.

Skalabilitas
Pilih pusat data yang menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Perusahaan membutuhkan colokasi pusat data ketika sedang mengalami pengembangan dan menghadapi persaingan. Pertimbangkan ini selama lima tahun ke depan.

Write a comment